Beginilah Diet Sehat Ala Rasulullah


Rasullullah merupakan teladan bagi kita semua, termasuk dalam hal hidup sehat. pola hidup sehat yang diajarkan rasul tersebut bertujuan agar kita terhindar dari penyakit. seperti kata pepatah “lebih baik mencegah daripada mengobati”. seperti apa pola hidup sehat yang dilakukan rasul?

Menurut Prof. Dr. Mustofa Romadhan dalam buku panduan diet ala Rasulullah karya Indra Kesumah SKL, S.Psi. pola hidup sehat yang dilakukan rasullullah adalah:
  • Pertama kali yang masuk dalam tubuh setelah bangun tidur adalah udara. sepertiga malam terakhir (1-4 pagi) sangat kaya akan oksigen yang belum tercemar zat lain. udara ini sangat bermanfaat untuk metabolisme tubuh.
  • Membersihkan mulut dengan siwak atau bisa juga dengan gosok gigi kemudian juga mandi.
  • Meminum segelas air dingin (bukan air es) yang dicampur dengan madu asli.
  • Setelah sholat dhuha, Rasullullah makan 7 butir buah kurma yang matang.
  • Menjelang sore, rasulullu makan roti atau makan makanan pokok lainnya yang dicampur dengan cuka dan minyak zaitun.
  • Saat malam tiba, menu makan malam Rasulullah adalah sayur-sayuran , setelah makan malam, beliau tidak langsung tidur tapi melakukan beberapa aktivitas dahulu agar makanan masuk ke dalam lambung dengan cepat dan baik.
  • Menu semua tadi adalah menu yang disukai oleh rasul. Rasulullah pun melakukan olah raga untuk menjaga kesehatannya. Beliau tidak menganjurkan umatnya untuk begadang.
  • Untuk yang tidak biasa memakan kurma dapat menggantinya dengan makanan lain seperti roti, bubur, sereal, dan sebagainya.
Cara Minum :                                        


Rasullullah menyukai minum madu yang dicampur dengan air sejuk. ternyata hal ini punya manfaat yang banyak untuk tubuh kita, diantaranya untuk mengilangkan Balqham (dahak atau lendir), mencuci perut, membuang sisa makanan yang tertinggal di dalam perut yang tidak tercerna dengan sempurna dan menolaknya ke usus besar serta memperbaiki fungsi limpa dan hati. air sejuk yang biasa rasul minum adalah air minum yang telah disimpan semalaman di dalam suatu tempat (gelas).

Previous
Next Post »
Comments
0 Comments